Senin, 26 Juni 2017

Trip To Korea 2017 : Han River, sungai cantik dengan pemandangan alam yang mempesona



Menghabiskan liburan di Korea tidak melulu harus mengeluarkan banyak uang. Ada beberapa lokasi wisata yang indah yang dapat dikunjungi tanpa harus mengeluarkan banyak uang alias gratis untuk bisa menikmatinya namun tetap bisa dijadikan alternatif untuk menikmatinya karena juga menyajikan pemandangan yang sangat indah. Bagi Anda yang berencana ingin menghabiskan liburan di Korea Selatan, destinasi wisata ini mungkin dapat Anda jadikan referensi yang berguna.

                                                                      

“Trip To Korea 2017 : Han River, sungai cantik dengan pemandangan alam yang mempesona”


 

 

 

 


Dilansir dari Wikipedia, Sungai Han (Han River/Hangang/한강/漢江) adalah sebuah sungai di Korea Selatan tepatnya di Kota Seoul, yang terbentuk akibat pertemuan dari Sungai Namhan (Sungai Han Selatan), yang bermata air di Gunung Daedeok, dan Sungai Bukhan (Sungai Han Utara), yang berhulu dari lembah Gunung Geumgang di Korea Utara. Sungai Han mengalir melewati Seoul dan bergabung dengan Sungai Imjin sebelum bermuara ke Laut Kuning. (Credit : Wikipedia)

 

Sungai Han terbentang luas sepanjang sekitar 514 km. Sungai ini dulunya menjadi jalur perdagangan dari dan ke China di masa pemerintahan 3 kerajaan terkenal di Korea (Goguryeo, Baekje dan Silla).  Maka tak heran jika di sepanjang aliran sungai ini terbentang jembatan-jembatan yang menjadi penghubung antara wilayah yang berada di bagian utara dan selatan kota Seoul. Sungai Han tampak sangat indah di malam hari, dikarenakan kelap-kelip lampu berwarna-warni yang berasal dari air terjun buatan yang bergerak sesuai dengan gerakan air, membuat Sungai Han terlihat begitu mempesona bila dilihat dari kejauhan.

 

 

 Rainbow Fountain at Banpo Han Gang Park


Kelap-kelip lampu yang tampak indah inilah yang membuat Sungai Han cocok dijadikan sebagai salah satu obyek wisata yang kerapkali dikunjungi oleh wisatawan. Banyak orang yang terlihat lalu lalang di sekitar Sungai Han, entah itu hanya sekedar berjalan-jalan, bermain ataupun hanya sekedar memandangi pemandangannya saja. Karena pemandangannya yang indah, Sungai Han juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting drama Korea bahkan tempat untuk menyatakan cinta.  

 

Selain itu, pemerintah kota Seoul juga membangun taman-taman di setiap wilayah yang dialiri sungai ini. Taman-taman ini umumnya menjadi sarana rekreasi bagi warga kota. Ada yang dijadikan sebagai taman yang ditumbuhi berbagai spesies bunga yang indah, ada juga yang diubah menjadi lapangan luas di mana semua orang dapat berjalan-jalan dan bermain sepuasnya.

 




Jika kalian adalah Fans GOT7, khususnya JJ Project, maka kalian pasti tahu bahwa 2 member GOT7 yaitu JB dan Jin Young juga pernah menghabiskan waktu mereka dengan bermain di tepi Sungai Han. Hal ini ditunjukkan dalam JJ Project MTV Diary saat mereka masih tergabung dalam JJ Project. JB terlihat bermain skateboard dengan asyik sementara Jin Young (dulu masih menggunakan nama panggung Jr) terlihat asyik bermain sepeda. Lalu di episode sebelumnya, JB seorang diri (tanpa Jr yang saat itu sedang sekolah) juga tampak asyik berjalan-jalan di sepanjang tepi Sungai Han, dia sibuk mengambil foto pemandangan Sungai Han yang indah lalu mengendarai perahu boat menyusuri Sungai Han di malam hari.

 




Lalu dalam Real GOT7 season 3 episode 6, juga terlihat para member GOT7 yang menghabiskan waktu dengan berpiknik di tepi Sungai Han. Tampak di belakang mereka, ada banyak pengunjung yang berlalu lalang, ada yang hanya berjalan-jalan, ada yang bermain sepeda, ada yang bermain skateboard dan bahkan ada juga yang tampak berpiknik seperti mereka. (Kapan ya Sungai di Surabaya bisa dijadikan tempat liburan seperti ini?)

 

Pemerintah Korea Selatan, khususnya Seoul tampak berusaha semaksimal mungkin mengubah Sungai Han menjadi sebuah tempat yang indah agar memiliki daya tarik sendiri, pemerintah setempat juga menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di taman yang berada di sepanjang aliran Sungai Han ini. 

 

 

Sebenarnya, Sungai yang bermuara di laut kuning ini mengalir di sepanjang kota Seoul mulai dari wilayah Gangseo, Nanji, Mangwon, Yanghwa, Seonyudo, Yeouido, Ichon, Banpo, Jamwon, Ttukseom, Jamsil, dan Gwangnaru, jadi secara otomatis Sungai Han memiliki banyak sekali taman yang membentang di setiap wilayah tersebut dari Utara ke Selatan.

 

Berikut ini adalah beberapa taman yang dibangun di tepi Sungai Han : 

1. Yeouido Han Gang Park 

Distrik Yeouido dikenal sebagai pusat bisnis dan pemerintahan di Seoul. Banyak kantor-kantor penting berpusat di distrik tersebut, seperti gedung Majelis Nasional (National Assembly), stasiun TV KBS, MBC, dan SBS, bahkan kedutaan besar Indonesia juga berada di distrik ini. Di tempat ini juga terdapat taman yang dibangun khusus untuk mengimbangi kesibukan orang-orang yang beraktifitas di sini, sebagai salah satu tempat rekreasi untuk para warga yang ingin melepas lelah setelah disibukkan dengan  berbagai kegiatan.

 



Taman tersebut bernama Yeouido Han Gang Park. Taman tersebut dapat dikatakan sebagai Taman yang paling populer bila dibandingkan dengan taman-taman lainnya yang mengalir di sepanjang aliran sungai Han.


Kenapa? Karena di tempat inilah terdapat simbol ikonik “I Seoul U” yang sangat besar. “I Seoul U” sendiri merupakan motto Seoul yang baru, yang artinya adalah “Between people, there is Seoul”. Penjelasan panjangnya mungkin kira-kira seperti ini, “Between “you” and “I,” among citizens, and among people all around the world… Seoul is at the center of all relationships. Seoul is a city where diverse nationalities and generations, mountains and rivers, ancient palaces and skyscrapers, and all disparate elements coexist in harmony.” 


Artinya dalam bahasa Indonesia (bagi yang tidak mengerti bahasa Inggris) : “Di antara kau dan aku, di antara banyaknya warga masyarakat, dan di antara semua orang di dunia...Seoul adalah pusat dari semua hubungan tersebut. Seoul adalah kota di mana orang-orang dari berbagai bangsa dan generasi, gunung dan laut, Istana kuno ataupun gedung-gedung pencakar langit, dan semua element yang berbeda dapat hidup dengan harmonis.”


 
Taman yang luas ini dibagi menjadi beberapa tema seperti : 
a. The Traditional Korean Forest (hutan tradisional Korea) di mana hanya terdapat tanaman/pohon tradisional, serta terdapat kolam dan paviliun segi delapan. 
b. Grass square  yang memiliki bukit yang rendah dengan lapangan rumput, dan di dekatnya ada pepohonan yang menggambarkan perubahan musim. 
c. Culture Square di mana diadakan pertunjukan budaya di tempat ini. 
d. Nature’s Ecosystem Forest (ekosistem hutan alam) di mana pengunjung dapat mengamati dan belajar tentang ekosistem alam, karena di tempat ini terdapat daerah rawa, daerah permukaan air, daerah padang rumput, dan hutan.



Memasuki musim semi ini, jangan lupa untuk melewati Yunjunro Street yang terletak di belakang Gedung Majelis Nasional. Tempat ini sangat populer di musim semi yaitu di pertengahan bulan April karena di sepanjang jalan sekitar 6 km ini ditumbuhi bunga sakura (cherry blossom) terindah yang berusia sekitar 30 sampai 40 tahun.

Ingin berfoto dengan background bertuliskan “I SEOUL U”? Pastikan kamu berkunjung ke Yeouido Han Gang Park untuk foto di depan tulisan “I Seoul U” ini.



Untuk berkunjung ke taman ini bisa dengan menggunakan subway dengan beberapa pilihan : 
a. menuju National Assembly Station (Line 9, Exit 1) 
b. menuju Yeouido Station (Line 5, Exit 3), berjalan sekitar 5 menit melewati gedung Majelis Nasional. 
c. menuju Yeouinaru Station (Line 5, Exit 2 or 3).


2. Banpo Han Gang Park 

Banpo Han Gang Park adalah taman lain yang tak kalah populer dari Yeouido Han Gang Park. Banpo Han Gang Park ini berada  di sisi selatan sungai Han yang berpusat di Banpo Bridge yang terletak di antara Hannam Bridge dan Dongjak Bridge. Di kedua sisi Banpo Bridge terdapat air mancur yang sangat indah, yaitu Rainbow Fountain yang pernah dinobatkan oleh Guinness Book Of Record di tahun 2008 sebagai jembatan dengan air mancur terpanjang di dunia.

 



Banpo Hangang Park memiliki banyak taman terbuka yang berada di bawah jembatan ini dan berbagai fasilitas olahraga. Pertunjukan air mancur diadakan setiap malam mulai bulan April – Oktober, selama 20 menit lima kali dalam sehari dari hari Senin hingga Kamis, enam kali pada hari jumat dan tujuh kali pada hari Sabtu dan Minggu.

Selain itu di taman ini dibuat sebuah pulau buatan yang indah, yaitu Seorae Island (Seoraeseom). Di mana pada musim semi diadakan festival di tempat ini, seperti Searaeseom Butterfly dan Rate Flowers Festival




Selain itu berbagai fasilitas dan sarana rekreasi disediakan pula di tempat ini. Di taman ini pula terdapat sebuah acara yang dinamakan “Moonlight Square Cultural Weekend” yaitu sebuah pertunjukan musik seperti jazz, acapella, brass band dan orkestra yang digelar setiap hari sabtu pukul 07.00 hingga 08.30 KST dari bulan Mei hingga Oktober.


Ada 2 (dua) pilihan subway untuk menuju ke tempat ini : 
a. menuju ke Express Bus Terminal Station (Line 3,7, or 9, Exit 8-1), berjalan sekitar 250m dan belok kanan di persimpangan Express Bus Terminal dan berjalan lurus sekitar 400m melewati underpass untuk tiba di taman ini. 
b. menuju ke Dongjak Station (Line 4, Exit 1 or 2).



3. Seonyudo Han Gang Park 

Seonyudo Han Gang Park merupakan salah satu taman yang paling terkenal di Seoul lainnya, yang terhubung dengan jembatan yang berarsitektur menarik, yaitu Senyudo Bridge yang dikenal pula dengan nama Rainbow Bridge (jembatan pelangi). Dari taman ini kita bisa melihat pemandangan kota Seoul.

 



Banyak hal menarik yang bisa didapatkan saat mengunjungi taman ini ini karena terdapat Hangang Museum yang buka mulai pukul 09.00 – 18.00, ada taman bermain untuk anak-anak, ada aquatic botanical garden, rumah kaca, dan masih banyak lagi.



Ada beberapa pilihan subway untuk berkunjung ke tempat ini, seperti : 
a. menuju ke Hapjeong Station (Line 2 or 6, Exit 6), ambil bus bernomor 5714 dan berhenti di depan pintu masuk taman ini (Yanghwadaegyo Bridge bus stop). 
b. menuju ke Dangsan Station (Line 2 or 9, Exit 1), ambil bus  bernomor 605, 6623, 6631, 6632, atau 6633 dan berhenti di Hanshin Apt lalu menyeberang di Seonyudo Bridge. 
c. menuju ke Hapjeong Station (Line 2 or 6, Exit 8), ambil bus  bernomor 605, 6623, 6631, 6632, atau 6633 dan berhenti di Hanshin Apt lalu menyeberang di Seonyudo Bridge. 
d. menuju ke Dangsang Station (Line 2 or 9, Exit 1), ambil bus bernomor 5714 dan berhenti di depan pintu masuk taman ini (Yanghwadaegyo Bridge bus stop).


4. Jamwon Han Gang Park 

Walau tak terlalu populer bila dibandingkan dengan ketiga taman di atas, namun taman ini juga merupakan taman yang dapat dijadikan alternatif rekreasi bersama keluarga. Taman ini terletak di bagian selatan sungai Han yang membentang dari Yeongdong Bridge ke Dongho, Hannam, serta Banpo Bridge.

 

 

Taman ini dekat dari distrik Gangnam dan Seocho. Fasilitas rekreasi dan berolahraga pun disediakan di taman ini, juga jalan untuk bersepeda di  sepanjang sisi sungai di mana kita dapat menikmati  keindahan pemandangan Sungai Han sambil bersepeda


Ada 2 (dua) pilihan subway untuk menuju ke tempat ini : 
a. menuju ke Apgujeong Station (Line 3, Exit 1) lalu berjalan sekitar 800 m. 
b. menuju ke Sinsa Station (Line 3, Exit 5) lalu berjalan sekitar 1 km.


5. Jamsil Han Gang Park 

Masih berada di sebelah Selatan Sungai Han, dibandingkan dengan wilayah lainnya. Sisi sebelah selatan Sungai Han memang lebih banyak terdapat taman rekreasi yang lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Salah satunya adalah Jamsil Han Gang Park. Taman ini terletak di bagian selatan sungai Han antara Jamsil Iron Bridge dan Yeongdong Bridge.

 

 

 

Taman ini berdekatan dengan kompleks olahraga Jamsil (Jamsil Sport Complex), Lotte World, dan Olympic Park. Salah satu fitur terbesar  yang terdapat di taman ini adalah kolam ikan (fishway) yang berada di Jamsil Water Reserve. Jika ingin menikmati pemandangan malam yang fantastis dari sungai Han, kita bisa melihatnya dari sebuah kafe yang terdapat di Jamsil Bridge. Selain itu sarana rekreasi lainnya dan olahraga disediakan pula di taman ini. 


Ada beberapa pilihan subway untuk menuju ke tempat ini :  
a. menuju ke Jamsillaru Station (Line 2, Exit 3 or 4)  
b. menuju ke Jamsil Station (Line 2, Exit 6)  
c. menuju ke Sincheon Station (Line 2 or 8, Exit 7)


6. Yanghwa Han Gang Park  
Masih dengan taman yang berada di sebelah selatan Sungai Han. Yanghwa Han Gang Park, taman sepanjang 11 km ini terletak di sebelah selatan sungai Han. Dari taman ini kita bisa menuju ke Seonyudo Island dengan berjalan kaki melewati jembatan penyeberangan. 

  


Di taman yang hijau ini ditumbuhi pula sejumlah bunga mawar yang berwarna-warni. Terdapat pula air mancur piala dunia (World Cup Fountain) dan sarana olahraga lainnya.


Ada 2 pilihan subway untuk menuju ke tempat ini : 
a. menuju ke Dangsan Station (Line 2 or 9, Exit 4 dan berjalan sekitar 5 menit) 
b. menuju ke Seonyudo Station (Line 9, Exit 2 dan berjalan sekitar 10 menit).


7. Gangseo Han Gang Park 
Gangseo Han Gang Park ini terletak di pinggiran kota Seoul yaitu di sisi paling barat pada bagian selatan sungai Han, dan hanya berjalan kaki beberapa menit dari Gyeonggi-do dan perbatasan Incheon


Taman seluas 8.5 km ini bertema Wetlands ekologi dan terdiri dari pulau-pulau kecil yang dipenuhi satwa liar. Pulau-pulau ini terhubung dengan jembatan kayu. Terdapat pusat observasi untuk mengamati burung migran, jalur untuk bersepeda, serta fasilitas olahraga lainnya. 


Ada 2 (dua) pilihan untuk menuju ke tempat ini : 
a. menggunakan bus nomor 6 dan turun di Gangseo Wetlands Ecological Park. 
b. menuju ke Banghwa Station (Line 5, Exit 1 or 2). 


8. Nanji Han Gang Park 
Dari sisi Selatan, kita berpindah ke wilayah Barat Sungai Han. Nanji Han Gang Park ini terletak di ujung paling barat di tepi sungai Han. Letaknya dekat dari World Cup Stadium. 

 

Fitur yang paling terkenal di taman ini adalah area camping (camping site). Jadi, Jika kalian ingin berhemat, mungkin kalian bisa berkemah di tempat ini karena harganya jauh lebih murah dari penginapan.


Selain itu, taman ini juga sangat cocok bagi penggemar olahraga karena tersedianya fasilitas olahraga seperti lapangan sepakbola, basket, voli, kolam renang yang dibuka di musim panas, penyewaan sepeda, dan sarana olahraga air.


Untuk menuju ke tempat ini bisa dengan menggunakan subway : 
a. menuju World Cup Stadium Station (Line 6, Exit 1).
 

9. Mangwon Han Gang Park 
Dari Barat, kita beralih ke sebelah utara Sungai Han. Mangwon Han Gang Park, taman yang berada di wilayah Mapo yang berada di sebelah utara sungai Han ini cukup dekat dari Nanji Hangang Citizen Park dan terhubung dengan sebuah jembatan.



Di taman ini pun disediakan fasilitas olahraga seperti sepakbola, basket, voli, baseball, tenis, rental sepeda, serta fasilitas olahraga air seperti kolam renang outdoor. Selain itu, terdapat atraksi wisata budaya di sekitar taman, yaitu paviliun Mangwon dan kuil Jeoldusan.



Untuk menuju ke tempat ini bisa menggunakan subway : 
a. menuju ke Hapjeong Station (Line 2 or 6, Exit 1) dan lanjut dengan naik bus nomor 9 dan turun di halte Mangwon Suyuji.


Note : Menurut kabar, jembatan ini kerapkali dijadikan lokasi bunuh diri.


10. Ichon Han Gang Park 

Masih berada di sebelah utara Sungai Han. Ichon Hang Gang Park ini terletak di sisi utara sungai Han antara Jungrangcheon Bridge dan Wonhyo Bridge. Di taman ini juga tersedia sarana dan fasilitas untuk bersantai di seperti : Teen Square, X-Game Center untuk bermain skateboard dan sepatu roda.  

 

 

Selain itu pula, tersedia pula sarana olahraga seperti lapangan basket, tenis, sepakbola, area untuk bersepeda, kolam renang, dan lainnya. Terdapat pula sebuah pulau buatan yaitu Nodle Island (Nodleseom) yang menawarkan pemandangan yang sangat indah. 

 

 

Untuk berkunjung ke tempat ini bisa dengan menggunakan subway : 

a. menuju  Ichon Station (Line 1 or 4, Exit 4) dan berjalan sekitar 500 m melewati sungai Han.

 

 

11. Ttukseom Han Gang Park 

Ttukseom Han Gang Park, mungkin bisa dikatakan sebagai taman yang paling unik di antara yang lainnya. Taman ini merupakan sebuah resort yang cukup terkenal, dan yang membuatnya terkenal adalah karena di tempat ini terdapat berbagai fasilitas, seperti : music fountains, riverside square yang menghadap sungai Han, di mana area ini digunakan untuk pertunjukan screenwater yang menggunakan teknologi di mana cahaya akan memantulkan air, taman mawar, taman bermain, dan pusat pembelajaran alam.

 




Selain itu terdapat area Jabeolle (J-Bug) di mana terdiri dari kafe, kedai teh, toko souvenir, dan lainnya. Taman ini buka sepanjang tahun dan setiap musim ada saja hal menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini, seperti : 
* Musim semi (spring) dan musim gugur (autumn) pengunjung dapat melihat pameran bunga musiman. 
* Musim panas (summer) pengunjung dapat menikmati kegiatan windsurfing, ski air, dan perahu motor. 
* Musim dingin, pengunjung dapat mencoba sleeding Hill dan kegiatan skating.





Ada beberapa cara yang dapat digunakan jika ingin berkunjung ke tempat ini : 
a. menuju ke Ttukseom Resort Station (Line 7, Exit 2 or 3). Taman terletak di sisi kanan stasiun.  
b. menuju ke Konkuk University Station (Line 2, Exit 5). Belok di belokan kanan pertama dan berjalan lurus sekitar 15 menit sepanjang jalan. (Kalau mau ke taman ini takutnya malah ganti haluan ke kampusnya JB hahhaa ^.^) 
c. menggunakan bus bernomor 2014 dan turun di  Noyu Nadeulmok (노유나들목). 
d. menggunakan bus bernomor  2221, 2222, 2223 or 2415 , dan turun di Jayang Yukgammun (자양 육갑문)





12. Gwangnaru Han Gang Park 

Welcome to the East. Kali ini kita menuju ke sebelah timur Sungai Han. Gwangnaru Han Gang Park ini terletak di ujung paling timur Seoul yang dialiri Sungai Han. Walau kurang populer dibandingkan dengan Yeouido Han Gang Park, namun faktanya Gwangnaru Han Gang Park ini merupakan taman terluas dari taman-taman di tepi Sungai Han yang lain.

 




Taman ini memiliki luas sekitar 12km dan dijadikan sebagai tempat pelestarian air di Seoul sehingga semua perahu dan olahraga air dilarang di taman ini. Namun ada sebuah kolam renang, outdoor yang terletak di dekat tepi sungai, juga sarana untuk bersepeda, bermain basket dan in line skate. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas budaya dan sebuah taman ekologi.




Ada 2 (dua) pilihan subway untuk menuju ke tempat ini : 
a. menuju ke Cheonho Station (Line 5 or 8, Exit 1), lalu berjalan lurus menuju taman ini. 
b. menuju ke Amsa Station (Line 8, Exit 4).



Well, inilah ke-12 taman yang terdapat di tepi sungai Han yang mengalir di sepanjang kota Seoul mulai dari ujung paling Selatan, Barat, Utara hingga paling Timur. Semoga dapat dijadikan referensi yang berguna bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di kota Seoul, Korea Selatan dan melewatkan waktu untuk berekreasi di Sungai Han. Happy Holiday dan Happy Ied Mubarak for all my muslims’s readers ^.^

Written by : Liliana Tan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar