Jumat, 23 Juni 2017

Trip To Korea 2017 : Myeongdong, surga belanja di Korea



First, I want to say “Happy Holiday” for all my readers. Selamat Liburan untuk semua pembaca setia blog ini ataupun untuk yang hanya sekedar numpang lewat dan tak sengaja mampir ke blog ini. Selamat Idul Fitri juga untuk semua pembaca yang merayakan. Liburan, kerap diisi dengan kegiatan travelling bersama seluruh anggota keluarga. Apalagi mengingat liburan Idul Fitri tahun ini dapat dikatakan cukup panjang karena pemerintah telah menetapkan libur Idul Fitri tahun 2017 ini mulai tanggal 23 Juni hingga 1 Juli 2017. Bagi mayoritas umat muslim yang merayakan Idul Fitri, berlebaran bersama keluarga tentu menjadi hal yang wajib.

 

Namun bagi mereka yang non muslim, tentu liburan bersama keluarga adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Ada yang memilih untuk menghabiskan liburan mereka cukup di dalam negeri, namun ada pula yang memilih luar negeri sebagai lokasi liburan kali ini. Bagi yang memilih liburan ke luar negeri, Korea Selatan mungkin bisa menjadi destinasi liburan terbaik. Untuk liburan kali ini, penulis akan mengajak pembaca semua mengunjungi berbagai lokasi wisata yang indah dan cukup terkenal di Korea Selatan. Sebagai lokasi pertama, bagaimana jika kita mengunjungi Myeongdong yang terkenal sebagai Surga belanjanya Korea?

 

“Trip To Korea 2017 : Myeongdong, surga belanja di Korea”




 



Myeongdong adalah sebuah permukiman di kota Seoul, Korea Selatan yang terletak di divisi adminstratif Jung-gu, berlokasi di antara jalan Chungmuro, Euljiro, dan Namdaemun. Wilayahnya mencakup 0,91 km² dengan populasi sebanyak 2.986 jiwa, dan sebagian besar wilayahnya merupakan distrik komersil dan bisnis.

Myeongdong adalah salah satu distrik belanja yang terbesar di kota Seoul. Di tempat ini banyak terdapat toko-toko yang menjual barang-barang dengan harga bervariasi dari mulai harga murah sampai mahal, dari produksi dalam negeri maupun internasional, juga mulai dari makanan, pakaian, kosmetik, sepatu hingga alat-alat olahraga dan lain sebagainya. Myeongdong juga dikenal sebagai pusat fashion dan kehidupan malam anak-anak muda di Seoul. Distrik ini mempunyai harga sewa (floorspace) termahal ke-9 di dunia.



Myeongdong memiliki 4 Toserba terkemuka: Migliore, Lotte Department Store, Avatar, dan High Harriet. Wilayah ini juga adalah pusat utama dari badan jasa finansial. Beberapa perusahaan asuransi terkemuka juga membuka cabang di sini seperti : HSBC, Citibank, Hana Bank, SK Corporation, AIG Korea Insurance, Kookmin Bank, Lone Sta Funds, Korea Exchange Bank, Sumitomo Mitsui Banking Corporation dan masih banyak lagi. Pusat keuangan Seoul terbagi antara daerah ini dan distrik Yeouido di mana terletak Korean Stock Exchange (Bursa Efek Korea).


Di distrik Myeongdong juga terdapat situs dari banyak Kedutaan Besar negara-negara sahabat, kantor pusat YWCA, badan UNESCO dan juga Katedral Myeongdong, gereja Katholik tertua di Korea. Namun tak jarang pula, wilayah ini sering dijadikan area unjuk rasa.



Untuk wisatawan baik domestik maupun mancanegara, Myeongdong dapat dijadikan destinasi wisata belanja yang tepat di kota Seoul, selain Dongdaemun. Di distrik ini, banyak sekali dijual beraneka ragam produk dengan harga yang bervariasi.

 

Banyak yang beranggapan, Myeongdong dikenal sebagai destinasi belanja kosmetik paling lengkap di Korea. Harganya pun bisa dibilang lebih murah daripada di Indonesia. Sejumlah merek terkenal ada di sana, mulai dari Etude House, Missha, The Face Shop, Skinfood, Nature Republic, innisfree, Tony Moly dan masih banyak lagi.

 

 

Walaupun banyak yang beranggapan bahwa Myeongdong terkenal dengan produk kosmetiknya, namun tak hanya kosmetik, aneka makanan di pinggir jalan juga dijual di sepanjang jalan di area Myeongdong.  Bagi mereka yang doyan berbelanja, pasti akan betah berlama-lama berada di tempat ini.

 



Sore menjelang malam, jalanan di Myeongdong tampak begitu ramai. Tak hanya wisatawan local, banyak wisatawan dari luar Korea juga terlihat mondar-mandir di tempat ini. Bule-bule juga banyak yang asyik melihat-lihat aneka produk yang dijual di Myeongdong, baik itu kosmetik, makanan, sepatu, baju-baju dll. Udara yang cukup dingin tak menyurutkan semangat pengunjung untuk belanja di Myeongdong.

 

 

 

 

Di distrik ini tak sulit mencari makanan, karena Myeongdong juga terkenal sebagai Korean Street Food-nya alias penjual makanan kaki lima. Di sepanjang jalan banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman. Berbagai jenis makanan pun ditawarkan mulai dari sate dengan bahan dasar berbagai daging, gorengan, olahan ikan yang disajikan dengan kuah hangat, es krim, kue-kue manis seperti Taiyaki dan lain sebagainya semuanya tersedia. Harga yang ditawarkan berkisar antara 3.000 won hingga 6000 Won.

 


Berbagai gorengan seafood yang lumayan enak dan dapat dijadikan rekomendasi adalah : Fried Shrimp with chili sauce and cheese alias udang goreng tepung dengan bumbu saus sambal dan keju yang dicairkan, yang satu porsi berisi 5 potong udang besar yang digoreng garing kriuk-kriuk. 

 

 

Ada juga kepiting goreng tepung dengan saus sambal.

 

 

Lalu Roast Lobster with Cheese atau lobster goreng dengan saus keju. Wah, keren banget ya? Di Korea sana, Lobster termasuk dalam kategory Korean Street Food alias makanan pinggir jalan alias kaki lima. Kalau di Indonesia, Lobster termasuk dalam menu makanan mewah di restoran mewah pula.

 

 

Lalu ada kentang goreng.

 

 

Kemudian daging ayam fillet yang digoreng garing dengan bumbu saus pedas. 

 

 

Lalu ada juga yang menjual kue Taiyaki. 

 

 

Lalu Aneka keripik mulai dari 6000 Won. 

 

 

Es krim yang beraneka bentuk mulai dari : es krim berbentuk bunga Mawar yang cantik dan ada es krim sepanjang 32 cm yang dapat dinikmati dengan hanya 2000 Won saja.

 



Selain gerai makanan kaki lima atau yang umumnya disebut Korean Street Food, di Myeongdong juga ada toko pakaian seperti H&M serta Forever21. Dan toko sepatu ABC Mart.

 

Selain itu, di distrik Myeongdong ini juga terdapat Line Friend Myeongdong, yang merupakan sebuah toko yang menjual berbagai macam alat tulis, boneka dan berbagai pernik-pernik mungil bermodel boneka line yang lucu. 

 



 

Di depan pintu masuk toko ini, terdapat boneka line browny yang berukuran raksasa, bahkan lebih besar dari tubuh para pengunjung. Banyak sekali wisatawan yang menjadikan boneka raksasa tersebut sebagai background foto mereka.

 

 

 

 

Di dalam toko ini juga dijual berbagai kue-kue lucu berbentuk boneka line dan juga es krim cone dengan boneka line sebagai hiasan di atasnya. Lucu banget kan? 

 



So, tunggu apalagi? Jadikan Korea Selatan sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya...

 

Written by : Liliana Tan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar