Kamis, 06 Juli 2017

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk Liburan ke Korea Selatan



Masih mengupas tuntas tentang Korea Selatan. Negara tujuan wisata nomor 1 di Indonesia. Walaupun drama Korea sudah tak lagi dapat dinikmati di layar kaca televisi Nasional, namun gelombang Korea terbukti masih kuat “menyapu” tanah air. Terbukti dengan munculnya nama “Korea Selatan” sebagai tujuan wisata nomor 1 yang digandrungi oleh para wisatawan dalam negeri hingga saat ini. Tak hanya di Indonesia, Korea Selatan pun menjadi destinasi favorite para wisatawan dari seluruh dunia. Dan semua itu memang tak terlepas dari kepopuleran Kpop dan K-Drama yang telah membooming hingga ke seluruh dunia. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk melewatkan liburan ke Negeri Ginseng, Korea Selatan, tentu harus memiliki beberapa persiapan sebelum Anda berkunjung ke sana. Apa sajakah yang harus dipersiapkan sebelum memulai liburan ke sana?

“Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk Liburan ke Korea Selatan”






Korea Selatan adalah salah satu negara di wilayah Asia Timur yang meliputi bagian Selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Korea Selatan berbatasan dengan Korea Utara, di mana keduanya dulu pernah bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Ibukota negara Korea Selatan adalah Seoul.  

 

Well, untuk Anda yang ingin berlibur ke Korea Selatan, berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum memilih liburan ke sana...

 

1. Passport 

Hal yang paling penting sebelum liburan ke Luar Negeri adalah Pasport. Bagi yang belum memiliki passport, diusahakan harus membuat pasport terlebih dahulu. Membuat pasport seharusnya cukup mudah, jika ada yang merasa dipersulit, mungkin itu hanya karena ada oknum-oknum pekerja yang malas. Kalau untuk saya, terbilang cukup mudah. Saya membuat pasport pada tahun 2014 dan peraturannya pun masih sangat simple.

Cukup penuhi semua kelengkapan administrasinya seperti : Ijazah terakhir asli dan fotokopi, pas foto 3x4 sebanyak 2 buah dengan background merah, Kartu Keluarga asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, Surat keterangan bekerja dari perusahaan dan uang sebanyak 275.000 rupiah. Kemudian ambil nomor antrian di kantor Imigrasi, tunggu giliran, foto ulang di tempat imigrasi, lalu ada proses wawancara singkat tentang tujuan kita membuat pasport. Akan lebih mudah bila calon pemegang pasport mengatakan bahwa mereka hanya akan berjalan-jalan dan bukan akan bekerja di luar negeri alias menjadi TKI. Karena pasport untuk wisata berbeda dengan pasport tenaga kerja. Dan rumornya sih pasport untuk tenaga kerja memang lebih sulit prosesnya. Kurang tahu pasti mengenai hal tersebut karena saya sama sekali tidak berminat menjadi TKW hehehe ^.^
 
Beberapa waktu lalu juga tersiar kabar bahwa untuk membuat pasport harus memiliki rekening koran minimal 25 juta rupiah. Namun kemudian karena menuai sejumlah protes, kabarnya hal tersebut telah dihapuskan. Untuk persyaratan terbaru membuat pasport, kalian dapat mencarinya di internet, di web resmi kantor imigrasi masing-masing kota.

Namun yang pasti, untuk dapat singgah di Korea Selatan, para calon wisatawan harus memiliki masa berlaku pasport minimal 6 bulan. Kalau kurang dari 6 bulan, sebaiknya segera diperpanjang lagi karena hal tersebut sangat penting sebagai syarat untuk mengajukan visa.

2. Tiket Pesawat 
Ada banyak maskapai penerbangan yang menawarkan jasa penerbangan dari Indonesia ke Korea Selatan, tergantung dari mana lokasi Anda berdomisili. Bagi wisatawan yang berdomisili di Jabodetabek, Anda dapat langsung terbang dari Bandara International Soekarno Hatta menuju Bandara Incheon Korea Selatan tanpa terlebih dulu transit.

Namun bagi yang berdomisili di luar Jakarta, misalnya Surabaya, memang harus terlebih dahulu melewati transit di beberapa bandara international lain di luar negeri atau bisa transit di Bandara International Soekarno Hatta.


Beberapa maskapai yang menawarkan jasa penerbangan ke Korea Selatan adalah : China Airlines, Cathay Pacific, Garuda Indonesia, Korean Airlines dan Singapore Airline, juga beberapa maskapai dalam negeri yang menawarkan harga super duper murah namun saya pribadi agak sedikit riskan dengan embel-embel kata “murah” dan lebih memilih mempercayakan keselamatan saya ke maskapai luar negeri saja. Namun itupun semua kembali pada kenyamanan Anda.


Dan dari beberapa nama maskapai penerbangan di atas, penulis lebih menyukai terbang menggunakan CHINA AIRLINES. Kenapa? Sebelum asaya jelaskan alasannya, penulis ingin memberitahukan bahwa alasan ini dibuat berdasarkan lokasi penulis yang berdomisili di Surabaya, yang memang mengharuskan adanya transit.

Alasan pertama : Karena harga tiket yang ditawarkan China Airlines lebih terjangkau dibandingkan yang lainnya. Singapore Airlines dan Korean Airlines bahkan mematok harga belasan juta rupiah untuk sekali terbang. Wow!

 China Airlines, second transite (ganti pesawat) di Taipei

Alasan kedua : karena China Airlines harus melewati rute transit di Singapore (1 hours transit) dan juga Tao Yuan International Airport Taiwan (2 hours 40 minute transit), ganti pesawat. Bagi penulis, transit di luar negeri jauh lebih menyenangkan daripada transit di Jakarta seperti yang ditawarkan maskapai lain yaitu : Garuda Indonesia, Cathay Pacific, Korean Airlines dan Singapore Airlines. Jika transit di luar negeri memberikan kesan keren karena walaupun hanya transit beberapa jam saja namun penumpang dapat sekalian numpang foto di logo-logo bandara luar negeri tersebut dan dapat dijadikan kenang-kenangan.

  


Ada sedikit rasa senang dan bangga seperti : “Wah, setidaknya aku pernah menghirup udara Taiwan, pernah foto-foto di logonya, pernah cuci mata mantengin koko-koko ganteng di Taiwan (kale aja ketemu Tao Ming Tze...eh, masih jaman gak ya? hihihi ^.^) dan pernah merasakan mewah, nyaman dan kerennya area waiting room/transit room di Tao Yuan International Airport Taiwan”.


Ada tempat untuk makan dan nge-charge HP juga ^.^


Tao Yuan International Airport Taiwan memiliki area waiting room (transit room) yang sangat mewah, keren, nyaman, bersih, High Class banget deh pokoknya. Waiting room-nya Changi Singapore juga keren abiz. Gak nyesel kalau terbang dengan China Airlines dan transit di kedua airport ini. Oh ya, China Airlines juga keren abiz loh pesawatnya. Kelihatan High Class walaupun di antara yang lainnya, termasuk yang paling murah. Uda paling murah, bagus pula ^.^ Recomended banget.


3. Teman seperjalanan alias Travel Buddies
Untuk mengelilingi Seoul, mungkin sebaiknya Anda tidak pergi sendirian, apalagi jika Anda kurang fasih berbahasa Inggris dan sama sekali tidak mengerti bahasa korea atau bahasa mandarin yang umumnya digunakan di sana. Jika anda memilih melakukan travelling bersama Travel Agent, hal tersebut tidak perlu dicemaskan karena travel agent biasanya menawarkan jasa tour guide yang mampu berbahasa indonesia jadi bisa berkomunikasi dengan Anda, namun juga mampu berbahasa korea atau setidaknya bahasa inggris jadi bisa membantu Anda berkomunikasi di sana (bila Anda ingin membeli sesuatu atau sejenisnya).

Namun jika Anda memutuskan untuk berangkat sendiri tanpa bantuan Travel Agent, sangat disarankan untuk ditemani oleh teman seperjalanan yang mungkin akan sangat menyenangkan bila memiliki kegemaran yang sama dengan Anda.

Misalnya untuk penggemar Kpopers, Anda suka artisnya JYP namun teman Anda sukanya artis SM Entertainment, Anda ingin nongkrong di depan kantor agensi JYP untuk nungguin GOT7, eh teman anda pengennya nongkrong di depan agensi SM untuk nungguin EXO. Gak klop dong ya? Hehehe ^.^ 

Ada baiknya Anda mencari teman seperjalanan yang memiliki selera yang sama dengan Anda agar Anda tak perlu sampai berpisah jalan, dan Anda juga akan memiliki teman untuk seru-seruan. Namun jika Anda tidak menemukan teman yang satu selera, ya sudah, jalan sendirian mungkin akan lebih baik daripada bersama teman yang beda haluan hihihi ^.^ Takutnya tar kalau gak sama seleranya, bisa tengkar di tengah perjalanan dan malah membuat suasana liburan jadi gak enak.

4. Itinerary 
Untuk yang menyukai pemandangan alam, Anda bisa mengunjungi Han River, Nami Islands (Walau harus naik ferry dulu dari Seoul, namun termasuk wilayah Seoul), N Seoul Tower. Untuk yang suka shopping, mungkin Myeongdong dan Dongdaemun bisa dijadikan referensi. Untuk yang menyukai taman hiburan, Everland dan Lotte World adalah saran terbaik.



Untuk penggemar Kpop, pastikan Anda tidak melewatkan Kpop Tour Agencies yaitu mengelilingi area agensi para idol Korea. Area yang termasuk berdekatan adalah JYP Entertainment, SM Entertainment dan FNC Entertainment. Ketiga Agensi tersebut terletak di wilayah Gangnam. Di wilayah Gangnam juga ada K-Star Road di mana di sepanjang jalan tersebut terdapat maskot boneka dari beberapa perwakilan boygroup/girlgroup di Korea Selatan. Walaupun harus sedih karena maskot boneka GOT7 masih belum ada T__T


Namun bagi penggemar GOT7, anda jangan khawatir karena Anda masih dapat melihat poster duplikat idola Anda yang sangat mirip dengan aslinya di wilayah Apgeujeong Rodeo, tepatnya di G+ Star Zone. Di sana para fans dapat bebas berfoto dengan para member GOT7 KW yang benar-benar tampak seperti aslinya. Daripada cuma foto sama maskot boneka di pinggir jalan, rasanya lebih asyik foto dengan GOT7 KW di dalam gedung yang adem kale ya? Hehehe ^.^


 

5. Budgeting 
Mata uang Korea Selatan adalah Won (KRW). 1 KRW = 11,78 IDR (Indonesian Rupiah) untuk nilai tukar per tanggal 14 Juni 2017. Namun berapa nilai tepatnya, hal tersebut dapat berubah setiap harinya tergantung fluktuasi. Jika Anda berencana untuk berlibur sekitar 10 hari, saya rasa Rp 15.000.000 (tidak termasuk tiket pesawat PP) sudah lebih dari cukup. Uang tersebut tergantung dari berapa hari Anda ingin berada di sana.


6. Penginapan 
Tidak disarankan untuk menginap di Hotel, kecuali jika Anda "horang kaya" hihihi ^.^ Menginap di Seoul tak harus di Hotel jika hanya menginginkan lokasi yang bersih, nyaman, sejuk, dan berada strategis di tengah kota atau di dekat stasiun kereta bawah tanah. Pemerintah setempat mungkin menyadari jika bisnis pariwisata mereka berkembang pesat dan banyak sekali wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sana, itu sebabnya hampir di setiap stasiun kereta bawah pasti di sekitarnya banyak sekali berjejer penginapan, mulai dari hotel berbintang 5 hingga Guesthouse yang menawarkan harga yang bersahabat.

Kpop Stay Guesthouse

Guesthouse di Seoul sangatlah bersih dan nyaman, tidak seperti Guesthouse di China yang kebanyakan jorok dan kotor (maaf). Keuntungan menginap di Guesthouse adalah harganya yang murah, bersih, nyaman, menyediakan kamar-kamar ber-AC, sarapan pagi (breakfast) dan WIFI, kita juga bisa mendapatkan kenalan turis dari negara lain.

Mr. Comma Guesthouse

Jika kalian memutuskan untuk menginap di Guesthouse, saran terbaik adalah carilah Guesthouse di sekitar distrik Hongdae. Kenapa? Karena Hongdae dikenal sebagai kawasan anak muda di Seoul, mungkin karena di sekitar lokasi tersebut ada Universitas Hongik yang mana sudah pasti, kalian para gadis-gadis yang masih jomblo bisa sekalian cuci mata dengan mantengin para mahasiswa Hongik yang keren abiz ^.^

7. Saran Penginapan yang bersih, nyaman dan murah meriah 
Beberapa yang bisa saya sarankan, diurutkan mulai dari yang termurah bila dikurs-kan ke Rupiah :
Wilayah Hongdae : 
a. Kimchee Guesthouse
Guesthouse ini memiliki cabang di mana-mana, yaitu di Sinchon, Gangnam, Dongdaemun, Hongdae, Seoul Station dan Downtown. Saat ini mereka sedang banyak promosi sehingga harga per orang per malamnya cuma dimulai dari 120.000 rupiah saja. Jika kamu seorang blogger (Seperti saya), kamu bisa mendapatkan gratis satu malam menginap di sana.


b. Mr. Comma Guesthouse 
"Bersih, nyaman, dan ramah-tamah" adalah motto mereka. Letaknya juga di daerah Hongdae, cocok untuk anak muda. Harga per orangnya hanyalah 190.500 rupiah. 


c. Trick Art Guesthouse 
Terletak di daerah Hongdae, guest house ini berkonsep seni 'tipuan mata' atau trick eye. Harga per orang adalah 238.000 rupiah per malamnya.


d. Kpop Stay Guesthouse
Guesthouse ini memiliki ranjang 'pod' masing-masing untuk asramanya, jadi kamu bisa merasa lebih nyaman untuk tinggal sendirian. Harga per 'pod'nya dimulai dari 297.500 rupiah.


e. ZZZIP Guesthouse 
Juga terletak di keramaian Hongdae, guest house yang satu ini berkonsep kartun dan animasi. Harga per malam untuk asrama cowok adalah 286.000 rupiah dan 310.000 rupiah untuk cewek.


f. U Wa GuestHouse 
Terletak di tengah keramaian daerah Hongdae, ini adalah guest house yang asyik buat para anak muda. Harga per orangnya dimulai dari 350.000 rupiah. Kamu juga akan disuguhi sarapan ringan di sana.


Untuk yang berada di wilayah selain Hongdae : 
a. Blueboat Hostel Myeongdong 
Terletak di keramaian pusat perbelanjaan Seoul, yaitu Myeongdong. Harga per orang dimulai dari 274.000 rupiah saja.

 

b. Stay in GAM 
Terletak di dekat istana Changdeokgung, guest house ini letaknya strategis. Kamu juga bisa jalan-jalan ke daerah Samcheongdong yang penuh dengan kafe dan toko-toko yang menarik. Harga per orangnya adalah 286.000 rupiah.


c. Han River GuestHouse 
Terletak di dekat sungai Hangang, kamu bisa menikmati pemandangan Hangang dari beranda atap di guesthouse ini. Desain tempatnya juga lucu dan unik. Harga per orangnya adalah sekitar 297.500 rupiah per malamnya.


d. The JA Garosu 
Guesthouse yang satu ini terteletak di daerah Garosu-gil di Gangnam. Tempatnya nyaman dan bersih. Harga per orang per malamnya adalah 340.000 rupiah. Sarapan ringan juga termasuk dalam harganya.


8. Visa 
Mengurus Visa mungkin sama repotnya dengan mengurus pasport. Jika Anda tidak ingin repot, Anda cukup meminta bantuan Travel Agent untuk membuatkannya untuk Anda sementara Anda hanya tinggal mengisi formulirnya yang sudah disediakan dan bisa didapat dengan mudah melalui internet yang disediakan khusus oleh Embassy Korea lalu menyerahkannya ke Travel Agent beserta semua kelengkapan administrasinya. 

Mereka yang berdomisili di luar Jakarta, umumnya cenderung meminta bantuan Travel Agent terpercaya untuk membantu mengurus visa untuk mereka. Ada beberapa jenis Visa Korea : Single Entry (90 days or less = USD 40), Longer Single Entry (91 days or longer – USD 60), Double Entry (usable up to 2 times – USD 70) dan Multiple Entry (1 years – 2 years = USD 90).

Syarat umum seperti : fotokopi Akte Kelahiran, Surat nikah (bagi yang sudah menikah), fotokopi Kartu Keluarga, pas foto 3x4 atau 2x3 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang putih, fotokopi NPWP, fotokopi SPT Tahunan, Surat Keterangan dari Kantor jika Anda hanya ingin berwisata dan akan segera kembali ke Indonesia, atau jika anda seorang wirausaha, anda dapat membuat sendiri Surat Ijin Usaha yang sudah distempel oleh Kelurahan/Kecamatan (saya lupa karena saya bukan wirausaha) dan yang paling penting adalah SALDO REKENING KORAN MINIMAL 50 JUTA RUPIAH, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Bank.

Kenapa? Karena pihak Korea hanya berjaga-jaga dan tidak ingin Anda diam-diam menjadi Tenaga Kerja Ilegal di negara mereka. Dengan memiliki rekening koran minimal 50 Juta sudah menjadi jaminan bagi mereka bagi anda adalah orang yang berkecukupan dan tidak berniat mencari kerja di negara mereka, dan tujuan Anda ke sana hanyalah murni berjalan-jalan. Kalau cuma mau jalan-jalan, pilih yang Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga. 

Oh ya, sebelum membuat visa pastikan kamu sudah booking penginapan ya. Karena di Visa Application Form, kita harus menulis alamat tempat kita menginap beserta dengan contact personnya. Setelah semua dokumennya lengkap, Anda bisa langsung menyerahkannya ke Kedutaan Besar Korea Selatan di bagian Visa. Kurang lebih selama 3-4 hari kerja, Anda bisa mengecek status visa melalui website Korea Visa Portal. Namun kalau telah lewat dari 3-4 hari kerja tapi status nya belum di approve, itu artinya mungkin ada dokumen yang kurang lengkap. Pihak kedutaan biasanya akan menelepon dan memberitahukan bahwa ada dokumen yang harus dilampirkan lagi. Atau bisa juga kita yang berinisiatif sendiri menelepon ke kedutaan bagian visa. Tapi saya sarankan bagi yang tidak ingin repot atau berada di luar Jabodetabek, sebaiknya Anda meminta bantuan Travel Agent.

9. Pilihan untuk Online : Menyewa Wifi/Beli SIM Card 
Korea Selatan terkenal dengan banyaknya Free Wifi di daerah tempat wisata, bahkan di subway pun, kita bisa mengakses Free Wifi. Tapi jangan salah, Free Wifi itu sebenarnya memiliki sinyal yang kurang bagus. Jadi disarankan bagi Anda yang seorang Onliner sejati untuk menyewa Wifi. 

Sewa wifi ini sebenarnya bisa dilakukan di Korea langsung. Namanya Wifi Egg. Umumnya para wisatawan luar negeri banyak yang memakai jasa sewa Wifi ini dari Incheon Airport Korea, atau dapat juga melalui book online

Bagi yang tidak ingin repot atau takut akan kebingungan, Anda dapat menyewa Wifi Egg ini dari Indonesia, melalui Wi2fly. Wi2FLY adalah "Travel WiFi" yang membantu navigasimu saat berlibur di luar negeri tanpa harus menghawatirkan susahnya menemukan koneksi Wi-Fi dan khawatir akan data roaming yang mahal.  Dengan kata lain, Wi2FLY Travel WiFi adalah wireless pribadi yang menghubungkan semua perangkat anda yang berkemampuan WiFi ke internet dengan koneksi jaringan yang aman. Anda dapat menghubungkan laptop Anda, tablet dan telepon seluler ke internet saat Anda sedang bepergian ke luar negeri, kapan saja, di mana saja. Anda tak perlu mencari koneksi Wifi dan membeli kartu SIM prabayar.  Travel WiFi dari Wi2FLY sudah di configurasikan dan tidak membutuhkan Instalasi apapun. Harga dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari promo yang ditawarkan. Oh ya, Sim Card untuk kartunya mereka yang kasih ya ^.^



Jika Anda merasa menyewa Wifi tetap merepotkan, alternatif lainnya adalah dengan membeli SIM Card di negara tujuan, yaitu Korea Selatan. Anda dapat memilih antara Sim Card yang bisa mobile data dan voice call (EG SIM Card), atau bisa juga yang hanya menawarkan data only plan yang tidak bisa menerima ataupun membuat panggilan (Unlimited 4G/LTE Data Package).

10. Membeli Tiket Masuk Wisata atau Download Voucher Diskon Tiket Masuk Wisata 
Umumnya jika Anda membeli tiket masuk wisata langsung di lokasi wisata alias on the spot, mereka akan menawarkan normal price. Bagi Anda yang menginginkan perjalanan dengan harga yang lebih murah meriah, mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli tiket wisata dari Travel Agent yang ada di Indonesia, karena biasanya Travel Agent tersebut menawarkan diskon dengan harga yang cukup lumayan.

Sebenarnya di internet juga banyak terdapat voucher diskon tiket masuk obyek wisata di Korea Selatan yang dapat di download secara gratis. Di Korea Selatan sendiri, terutama di Subway, ada cukup banyak voucher diskon yang dapat diambil secara gratis. Anda cukup menunjukkan voucher diskon tersebut, jika voucher tersebut masih berlaku, pengunjung akan mendapatkan diskon yang cukup lumayan.

Alternatif lainnya adalah membeli tiket secara online. Ada banyak website yang menyediakan pembelian tiket secara online, jika Anda membeli tiket wisata melakui situs tersebut, anda akan mendapatkan diskon yang cukup lumayan.

11. Mendownload aplikasi yang berguna selama di Korea Selatan 
Yang dimaksud dengan aplikasi yang berguna selama di Korea Selatan adalah Aplikasi Korea Subway atau bus Korea, Google Translate (bagi yang kurang mampu berbahasa Inggris, Korea atau Mandarin) dan Google Maps (kalau yang ini aslinya emang udah ada di HP sih ya hehehe ^.^)  


Disarankan Anda sebaiknya menginstall Aplikasi “Korea Subway” karena aplikasi ini berisi peta Subway untuk daerah di Seoul, Busan, dan Jeju. User interfacenya cukup bagus, mudah digunakan, dan hanya satu yang tampak cukup mengganggu yaitu iklannya yang lumayan banyak -__- Namun aplikasi ini setidaknya cukup membantu dan cukup berguna untuk digunakan di Korea. Namun jika Anda merasa berjalan-jalan seraya memandangi ponsel akan menguras banyak baterai ponsel maka sebaiknya gunakan peta tradisional saja alias peta kertas.


12. Kostum yang tepat 
Jika semua persiapan telah siap : tiket pesawat telah siap, penginapan telah dibooking, visa sudah ditangan, maka yang tertinggal hanyalah kostum alias pakaian yang tepat ketika Anda berada di Korea Selatan. Karena Korea memiliki 4 musim yang berganti-ganti maka kostum alias pakaian yang Anda kenakan juga sesuai dengan pergantian musim tersebut. Logikanya, Anda tidak mungkin mengenakan mantel musim dingin di tengah sengatan matahari musim panas hehehe ^.^ Tips ini hanya berlaku untuk mereka yang tidak berjilbab, karena kostum untuk mereka yang berjilbab tentu takkan ada bedanya walaupun berganti-ganti musim, benarkan? 

Jika Anda memilih musim semi untuk berlibur, sepertinya rok mini, celana pendek, legging dan baju-baju tipis akan membuat Anda merasa nyaman. Kalau tidak nyaman memakai rok mini, kenakan celana jeans juga tak masalah. Yang paling penting adalah Anda dapat merasakan kenyamanan saat berjalan-jalan.

Jika Anda memilih musim panas, sama seperti Musim Semi, cukup bawa rok mini, baju berlengan pendek, celana pendek atau legging, dan baju-baju yang agak tipis namun nyaman. Namun bagi yang tidak suka memakai rok mini, Anda dapat menggunakan celana jeans jika dirasa lebih memberikan kenyamanan. Cardigan boleh juga atau jaket tipis sebagai ganti jaket tebal yang mungkin akan membuat Anda lebih berkeringat. Walau musim panas di Korea gak ada apa-apanya dibandingkan dengan Surabaya, namun perlu diingat bahwa di Korea, Anda akan berjalan kaki ke mana-mana jadi tentu saja keringat akan bercucuran karena lelah berjalan seharian. Cuaca yang menurut saya sejuk pun akan berubah menjadi sumuk alias panas setelah jauh berjalan, jadi daripada jaket, lebih baik kenakan Cardigan tipis saja. Dan jangan lupa membawa payung sebelum hujan, karena Musim Panas di Korea identik dengan hujan.


Jika Anda memilih waktu keberangkatan sekitar bulan Oktober yang bertepatan dengan awal musim gugur, maka sebaiknya Anda membawa beberapa baju berlengan panjang, celana panjang dan/atau jaket yang cukup tebal. Awal musim Gugur biasanya suhu udara tidak terlalu dingin, namun seringkali hujan turun tiada henti disertai angin yang cukup kencang, jadi sangat disarankan membawa jaket yang lumayan tebal agar Anda tidak kedinginan saat mendadak hujan turun disertai angin kencang.

Jika Anda memilih untuk berlibur di saat Musim Dingin tiba, disarankan bawalah jaket tebal, mantel panjang, sarung tangan, topi rajutan, celana panjang dan baju panjang yang sekiranya dapat memberikan anda kehangatan. Jangan lupa kenakan juga sepatu boats, karena sepatu boats akan membuat Anda lebih mudah berjalan di atas salju daripada sepatu biasa. Jangan lupa bawalah selalu lip balm atau body lotion karena bagi orang Indonesia yang tidak terbiasa dengan cuaca dingin ekstrem seperti Korea Selatan yang bahkan bisa mencapai suhu Nol bahkan Minus 10 derajat, bibir Anda pasti akan terasa kering dan pecah-pecah begitu juga dengan kulit kaki dan tangan Anda, itu sebabnya lip balm dan body lotion sangat diperlukan.

@@@@@@@

Itulah beberapa persiapan yang diperlukan sebelum Anda memilih Korea Selatan sebagai tujuan wisata Anda. Lebih kurangnya semuanya tergantung dari kebutuhan Anda pribadi, postingan ini hanya berfungsi sebagai salah satu panduan yang dapat anda jadikan pertimbangan, khususnya untuk mereka yang belum pernah sekalipun kemari.

Semoga bermanfaat.

Written by : Liliana Tan
Note : DILARANG MEN-COPAS TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDIT !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar