Jumat, 07 Juli 2017

Trip to Korea 2017 : K-Star Road Gangnam, Jalan Khusus Pecinta Kpop di Korea Selatan


Sebagai destinasi favorite nomor 1 di Indonesia dan bahkan mungkin di seluruh dunia, Korea memang memiliki cara yang unik agar dapat terus menarik penggemar Korea untuk datang berwisata ke negeri ginseng tersebut. Demam Kpop yang masih melanda dunia, khususnya di kalangan para remaja pun dimanfaatkan dengan sangat baik oleh pemerintah setempat untuk terus menarik wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara yang sangat menyukai budaya Kpop. Kali ini dengan memanfaatkan jalan, Korea membuat K-Star Road menjadi destinasi wisata menarik bagi para pecinta K-Pop.
 
“Trip to Korea 2017 : K-Star Road Gangnam, Jalan Khusus Pecinta Kpop di Korea Selatan”


Gangnam. Mendengar kata “Gangnam” pastilah yang terlintas dalam benak sebagian besar orang adalah seorang pria berbadan gendut, pendek, tidak tampan, berkacamata yang menarikan dance dengan gaya kuda-kudaan (di mata saya gaya tariannya memang kayak orang naik kuda. Aneh gitu sih...), serta menyanyikan lagu yang berbunyi “Oppa, Gangnam Style”. Yup, dialah PSY. Pelantun lagu yang berhasil mempopulerkan nama “Gangnam”, yaitu sebuah kawasan elite di Korea Selatan hingga dikenal di seluruh dunia. Kali ini, saya akan membawa Anda semua mengelilingi kawasan Gangnam, salah satunya yang paling terkenal adalah K-Star Road, jalan khusus bagi para pecinta Kpop di Korea Selatan.




K-Star Road terletak di distrik Gangnam, Seoul. K-Star Road adalah proyek khusus dari Gangnam Road untuk wisatawan asing yang mencintai budaya Korea dan Hallyu Star (gelombang Korea). Terbagi dalam 4 Zona, K-Star Road dimulai dari Taman Dosan sampai Garosugil Road. Zona A, adalah sebuah area di antara Dosan Park Sageori (four-way intersection) dan Hakdong Sageori, Zona B, adalah sebuah area di antara Hakdong Sageori dan Cheongdam Seageori, Zona C adalah sebuah area di Cheongdam Sageori dan seberang jalan di wilayah selatan yang merupakan bagian dari Jembatan Yeongdongdaegyo, dan Zona D adalah area Dosan Park Sageori dan Sinsa Station Sageori. Yang termasuk dalam Zona D ini adalah Sinsadong Garosu-gil Road yang juga merupakan kawasan terkenal di kota Seoul.



Tempat ini tidak memakan biaya sama sekali. Di sini pengunjung dapat berfoto bersama patung boneka dengan nama artis idola Kpop favorite mereka.

Let’s meet the K-stars in the art works : The K-Star Road
Jalan utama Gangnam terhubung dengan Apgujeong Rodeo Station exit 2 dan persimpangan jalan Cheongdam dan seringkali disebut sebagai “Kawasan elite Cheongdam”, karena di wilayah ini banyak terdapat toko-toko keren yang menjual barang-barang bermerk dan mewah di sepanjang jalan. Wilayah ini jugalah yang disebut sebagai K-Star Road.


Bila pengunjung mengambil jalur exit 2 dari Apgujeong Rodeo Station, pengunjung akan melihat “GangnamDol, yang mengindikasikan bahwa pengunjung telah sampai di wilayah K-Star Road. GangnamDol sendiri merupakan singkatan dari ‘Gangnam’, ‘idol, dan ‘doll’. Ini merupakan simbol dari K-Star Road, yang disimbolkan dengan berbagai boneka maskot dari berbagai Kpop Idol group yang dianggap terkenal di Korea Selatan.

Menurut informasi, waktu pembuatan K-Star Road ini memakan waktu selama 2 tahun. Karena jasanya membuat kawasan Gangnam menjadi terkenal di seluruh dunia, PSY akhirnya resmi dijadikan “duta” Gangnam oleh pemerintah setempat dan dibuatkan sebuah patung boneka yang terletak di salah satu sudut wilayah Gangnam yang berbentuk mirip dengan dirinya. Boneka PSY setinggi 3 meter ini terletak di depan Galleria Department Store. 

  

Blogger Opinion : Awalnya gak ngeh kalau ini adalah patungnya PSY, dan baru inget setelah seorang teman memberitahu, “Kok bonekanya mirip sama yang nyanyi “Oppa, Gangnam Style ya?” Barulah penulis inget, oh iya, ini kan emang Gangnam, mungkin itu patungnya PSY dan ternyata memang benar. Setelah diperhatikan lagi, patung ini memang dibuat mirip dengan penyanyi aslinya aka PSY, PSY itu kan orangnya gendut, pendek dan berkacamata mirip seperti bonekanya. Maklum, bukan penggemar PSY jadi gak hapal posturnya dia kayak gimana.



Sebenarnya tak hanya maskot boneka milik PSY saja yang menghiasi sepanjang jalan K-Star Road ini, namun ada juga 17 artis idola populer Korea lain yang juga turut dibuatkan boneka maskotnya dan menghiasi sepanjang jalan ini. Ada sebuah tempat yang bernama "GANGNAMDOL HAUS" yang berada di depan jalur exit 7 Apgujeong Rodeo Station, di sana para pengunjung dapat membeli miniatur GangnamDols sebagai souvenir. Pengunjung juga dapat menemukan informasi tentang lokasi-lokasi wisata di Korea di tempat ini.


Berikut ini adalah nama-nama group idola yang dijadikan maskot dan dibuatkan bonekanya oleh pemerintah setempat :
1. 4Minute 
2. Super Junior 
3. 2PM 
4. FT Island 
5. SHINee 
6. Miss A
7. CNBLUE 
8. TVXQ
9. Girls’ Generation 
10. EXO 
11. AOA 
12. BTS 
13. B1A4 
14. VIXX 
15. INFINITE 
16. KARA
17. Block B


Penulis sendiri tak tahu berdasarkan kriteria apa idola tersebut dipilih. Popularitas? Jika itu menunjuk pada boneka maskot EXO, BTS, Suju, Girl Generation, Miss A dan 2PM, saya rasa memang pantas, namun faktanya ada kpop grup yang sebenarnya tidak begitu populer bila dibandingkan dengan bintang idola lainnya, namun faktanya boneka maskot mereka tetap terpajang.

Apakah pemilihan maskot hanya berdasarkan popularitas semata? Saya rasa TIDAK jika melihat fakta tersebut. Faktanya girlgroup yang juga sangat populer seperti Wonder Girls, 2NE1 ataupun Sistar tidak terpajang di sana. Bukankah itu aneh?

 

Yang paling membuat sedih adalah masih belum ditemukan boneka maskotnya GOT7 >__< Setelah sukses menggelar konser di seluruh dunia dan terkenal di kalangan fans internasional juga berkali-kali mendapatkan penghargaan “Worlwide Favorite Artist” di berbagai ajang penghargaan ternama, bukankah seharusnya maskot GOT7 juga layak terpajang di sini? Tapi yasudahlah, mungkin hingga saat ini, GOT7 memang masih dipandang rendah di Korea sana, jadi wajar saja jika eksistensi mereka seolah dilupakan. Semoga ke depannya, pemerintah setempat dapat mempertimbangkan pembuatan maskot boneka 1 lagi untuk GOT7 mengingat GOT7 juga merupakan boygroup yang banyak menarik perhatian fans internasional.


Walaupun harus sedih karena maskot boneka GOT7 masih belum ada, namun bagi penggemar GOT7, anda jangan khawatir karena Anda masih dapat melihat poster duplikat idola Anda yang sangat mirip dengan aslinya di wilayah Apgeujeong Rodeo, tepatnya di G+ Star Zone. Di sana para fans dapat bebas berfoto bersama dengan para member GOT7 KW yang benar-benar tampak seperti aslinya. Daripada cuma foto sama maskot boneka di pinggir jalan, rasanya lebih asyik foto dengan GOT7 KW di dalam gedung yang adem kale ya? Hehehe ^.^ 



Boneka-boneka maskot alias GangnamDols tersebut terletak sepanjang 1 km di sepanjang jalan yang menghubungkan Apgujeong Rodeo Station dan persimpangan jalan Cheongdam, jadi jika pengunjung berjalan lurus di sepanjang jalan GangnamDols tersebut, pengunjung akan memasuki kawasan agensi artis, yang meliputi JYP Entertainment dan Cube Entertainment.

The leading entertainment companies of Korean wave : JYP Entertainment and SM Entertainment 
K-Star Road juga dikenal identik sebagai lokasi dari agensi besar Korea Selatan, 2 dari 3 Agensi terbesar di Korea Selatan yaitu JYP Entertainment dan SM Entertainment berlokasi di kawasan ini. (Setidaknya sebelum JYP Entertainment pindah ke gedung baru pada akhir tahun 2017)
 
 

Saat Anda berjalan-jalan di sepanjang jalan dan melihat GangnamDols yang berjejer di dekat Apgujeong Rodeo Station, maka Anda akan menemukan GangnamDols dari Girl’s Generation dan EXO. Berhentilah sejenak dan lihatlah sekelilingmu. Tak jauh di seberang jalan dari wilayah tersebut, kalian akan menemukan Agensi SM Entertainment, yang merupakan perusahaan agensi terbesar di Korea Selatan. Walaupun hanya melihatnya dari seberang jalan, pengunjung tetap dapat mengenali gedung tersebut dengan melihat tulisan “SM Global Training Center” yang terpasang di depan gedungnya.


Dari K-Star Road, bila kalian sudah melihat GangnamDols milik Block-B, berarti kalian telah sampai di GangnamDols terakhir yang terletak paling ujung di area K-Star Road tersebut. Ambillah jalan lurus dari jalan kecil di daerah Cheongdam-dong di sepanjang jalan Apgujeong Road 79. Kalian akan menemukan “tanda” yang sangat mudah dikenali saat kalian berjalan sekitar 300 meter melalui sebuah jalan kecil yang dapat dibilang cukup sempit (karena hanya dapat dilalui 2 buah mobil berdampingan). 


Itu adalah Agensi JYP Entertainment, Agensi di mana GOT7, JJ Project, 2PM, Miss A, Twice, Day6 dan Wonder Girls (dulu) bernaung. JYP Entertainment sangat mudah dikenali, bahkan dari jauh sekalipun, krena di depan gedung ini terpajang poster besar para artis idola yang bernaung di bawah agensi mereka.

Mark GOT7 terlihat berjalan menuju JYP building pada tanggal 28 Juni 2017 lalu

Alamat Lengkap Agensi Besar Korea yang berada di sekitar lokasi K-Star Road, Gangnam Street : 
1. JYP Entertainment 
Address : 135-100 41 Apgujeong-ro 79-gil, Gangnam-gu, Seoul  
Contact information : 02-3438-2300 
Homepage : www.jype.com 
Location : cukup berjalan 3 menit dari Cheongdam-dong Community Service Center


2. SM Global Training Center 
Address : 423 Apgujeong-ro, Gangnam-gu, Seoul 
Contact information : 02-6240-9800 
Homepage : smtown.com 
Location : berjalan 5 menit dari jalur exit 2 di Apgujeong Rodeo Station
 

3. Cube Entertainment 
Address : 89-gil 8, Dosan-daero, Gangnam-gu, Seoul 
Contact information : 02-3445-1045 
Homepage : www.cubeent.co.kr 
Location : berjalan 5 menit dari Cheongdam-dong Community Service Center (124-1 Cheongdam-dong, Gangnam-gu)



4. FNC Entertainment 
Address : 85-gil 46, Dosandae-ro, Gangnam-gu, Seoul 
Contact information : 02-517-5426 
Homepage : www.fcent.com
 

Bila kalian ingin berjalan-jalan mengelilingi Agensi Besar Korea tersebut, secara berurutan maka rute yang harus kalian lalui adalah : FNC Entertainment - SM Global Training Center - JYP Entertainment - Cube Entertainment.

Written by : Liliana Tan 
NOTE : DILARANG MENGCOPY PASTE DAN MENGAMBIL GAMBAR TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDITS !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar