Rabu, 19 Agustus 2015

Selecta, Wisata Air di Daerah Pegunungan

Pada libur Lebaran Juli 2015 lalu, saya sekeluarga memutuskan untuk liburan ke Selecta. Walau tak bisa berenang, tapi tak ada salahnya kan kalau sekedar berpiknik alias mbeber kloso bersama keluarga untuk menikmati pemandangan pegunungan dan sejuknya udara pegunungan yang tidak bisa dirasakan di Surabaya yang panas hehehe =) Kirain hanya kami yang punya niat seperti itu tapi gak disangka ternyata banyak juga keluarga yang mbeber kloso alias menggelar tikar dan duduk-duduk sambil menikmati pemandangan yang indah dan sejuknya udara pegunungan, bukan untuk berenang hehehe =) Berhubung niatnya ngadem, jadilah dipilih Selecta, habisnya Songgoriti masih lebih jauh lagi sih xixixi =)


“Selecta, Wisata Air di Daerah Pegunungan”







Selecta adalah Taman Rekreasi keluarga yang alami dan mempesona, udaranya yang sejuk karena terletak di daerah pegunungan sangat pas dijadikan tujuan wisata untuk pengunjung yang merindukan udara yang sejuk dan jauh dari polusi perkotaan. Selecta, wisata yang terletak di Kota Batu dan dikelilingi oleh 3 gunung besar yaitu Gunung Welirang, Gunung Arjuno dan Gunung Anjasmoro ini memang sangat diminati oleh Pengunjung. Terbukti saat Libur Lebaran 2015 lalu banyak sekali pengunjung yang memilih menghabiskan liburan mereka ke wahana wisata yang satu ini. Baik untuk berenang maupun hanya sekedar menggelar tikar dan menikmati pemandangan. Karena memang selain menyediakan kolam renang, wisata Selecta juga memiliki banyak sekali bunga-bunga yang indah dan berwarna-warni yang semakin menambah sejuk suasana, pas banget untuk mengisi liburan bersama keluarga.





HTM = Rp 25.000
Jam Buka = pukul 06.00 – 18.00 WIB
Lokasi = Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, sekitar 13 km dari kota Batu (2,5 jam dari Kota Surabaya)

Tiket masuk ke Selecta dipatok Rp 25.000 per orang, Cukup murah bukan? Selain itu Selecta juga memiliki aneka wahana wisata yang alami dan spektakuler, seperti Kolam Renang Sejarah, Taman 1000 Bunga, Water Park, Out Bound, Flying Fox, Perahu Columbus, kolam Ikan Air Tawar, Sepeda Air, Pasar Wisata, Area Jogging, Arena Kuda, Aquarium Raksasa dan Goa Singa (Lion Tunnel).







Makanan di Selecta ini lumayan murah dan lumayan cocok di lidah kami. Bakso yang dijual di sana terbilang cukup murah karena hanya seharga Rp 10.000 sudah mendapat 3 pentol sedang, 1 tahu dan 2 gorengan. Tapi justru makanan cemilan kayak Terang Bulannya sangat mahal, untuk ukuran kecil dibandrol seharga Rp 8000 (kalau orang Jawa Timur bilang Terang Bulan, tapi kalau orang Jakarta bilangnya Martabak Manis) dan POP MIE seharga Rp 10.000, mending makan bakso deh kalau harganya sama hehehe =) Tapi walau makanan cemilannya mahal, yang penting makanan "berat"-nya lumayan murah. Tapi memang sudah sewajarnya sih kalau makanan di lokasi wisata mahal, ya gak? Dan lagipula mahal atau murah relatif bagi setiap orang. Terlepas dari semua itu, wisata Selecta ini memang layak untuk dikunjungi dan dijadikan destinasi wisata bagi keluarga yang ingin menikmati suasana sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Berikut ini foto-foto yang saya ambil dari Selecta :
















Well, itulah sekilas mengenai liburan saya ke Selecta. Namun sayang, para pengunjung di Selecta ini kurang bisa menghargai keindahan lokasi wisata tersebut, terbukti dengan seenaknya mereka membuang sampah di tempat sembarangan padahal jelas-jelas disediakan banyak sekali tempat sampah di segala penjuru area wisata. Inilah yang sangat saya sayangkan dari watak bangsa Indonesia, kurangnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar mereka. Dengan berpikir bahwa disana ada petugas kebersihan, para pengunjung seenaknya membuang sampah sembarangan. Tidak bisakah kita sebagai manusia saling membantu? Walaupun membuang sampah dan menjaga kebersihan lokasi wisata memang tugas para petugas kebersihan itu, tapi tidak bisakah kita turut membantu menjaga kebersihan? Tidakkah kalian berpikir bahwa mereka juga lelah harus membersihkan tempat sebesar itu setiap hari? Apa susahnya sih membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan? Mental oh Mental...Mental seperti inilah yang harus direvolusi. Kalau di luar negeri, gak ada tuh yang namanya pengunjung buang sampah sembarangan...


Lihat sampah di bawahnya kaki bapak-bapak itu...hadoh, sedih liat bangsa Indonesia yang seolah gak punya tepa selira sama sekali. Apa susahnya sih buang sampah di tempat yang sudah disediakan ??

Tempat sampah Mickey Mouse warna merah yang lucu itu sudah bertebaran di segala penjuru lokasi wisata tapi para pengunjungnya lebih suka buang sampah sembarangan...


Lalu tentang toilet umum juga kurang diperhatikan oleh pihak Selecta. Toilet umumnya bisa dibilang masih kurang layak dan kurang bersih untuk ukuran sebuah lokasi wisata terkenal seperti Selecta...Semoga ke depannya bisa diperbaiki agar bisa lebih bersih dan lebih layak lagi. Foto-fotonya cukup sekian aja ya, karena ini hanya sample semata. Ada lebih dari 200 foto dan kalau di posting semua di blog, entah kapan kelarnya hehehe =)

Photos Credit : CREDIT BY ME !!! Dilarang mencomot TANPA IJIN !! Kalau mau nyomot harus ijin dulu dan sertakan creditnya...bagi yang nyomot TANPA IJIN dan TANPA SERTAKAN CREDIT, saya doakan kalian SIAL 7 TURUNAN !! Tolong hargailah sesama blogger. Terima Kasih...

Liliana Tan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar